Ciri Ciri Sukses menurut Guru Besar Ki Bagus Wijaya

Membicarakan seluk beluk sukses bukan saja amat menarik, melainkan juga banyak manfaatnya. Dengan memahami berbagai segi tentang sukses. seseorang dapat bertambah pengetahuannya, dapat tergugah hasratnya untuk berusaha meraih sukses, lebih luas kesadarannya terhadap perjuangan mencapai sukses, dan mungkin lebih besar pula peluang suksesnya dalam segala bi dang kehidupan dan penghidupan. Sukses yang kita bicarakan di sini adalah sukses dalam batasan-batasan A lqur-an dan Alsunnah.

Jadi jauh berbeda dengan pengertian sukses yang biasa diar1ikan masyarakat. Yang biasanya mengartikan sukses itu dari hasil yang dipcroleh seseorang. Misalnya, seseorang bercita-cita ingin menjadi pemimpin dan kemudian berhasil, maka dalam pandangan masyarakat. orang itu telah sukses. Demikian pula, orang yang asalnya miskin kemudian menjadi kaya, dalam pandangan masyarakat, orang itu dianggap sukses, namun dalam pandangan A lqur-an dan A lsunnah belum tentu sukses.

Anda mungkin bertanya, kalau demikian bagaimana pengertian sukses menurut Alqur-an dan Alsunnah itu? SesLiatu dikatakan sukses bila ada tujuan tertentu yang tercapai, namun tujuan yang ingin dicapai dalam pengertian sukses menurut A lqur-an dan Alsunnah itu tidak boleh berupa hal-hal yang melanggar ajaran agama, memperkosa hukum· alam, melanggar peraturan negara yang adil, menentang norma yang berlaku dalam masyarakat. atau semena-mena merugikan pihak lain.

Jadi, berdasarkan pengertian sukses di atas, seorang pemimpin belum tentu sukses bila ia mendudukijabatannya itu denganjalan merugikan pihak lain, dan ketika menjalankan kepemimpinannya itu banyak melanggar ajaranajaran agama. Orang kaya belum tentu sukses bila kekayaannya itu diperoleh dari jalan yang haram, misalnya dari hasil korupsi, merampok, mencuri dan sebagainya.

Orang-orang yang sukses menurut Alqur-an dan Alsunnah itu mempunyai ciri-ciri yang dapat dilihat dari penampilannya sehari-hari.

Ciri-ciri tersebut antara lain :

a. Orang yang sukses menurut batasan Alqur-an dan Alsunnah itu ialah orang yang berakhlak mulia, berbudi luhur dan berhati bersih, ditandai dengan berbagai kebajikan hidup, seperti:jujur, setia, amanat, memiliki semangat pengabdian dan rasa tanggungjawab.

b. Orang yang sukses senantiasa memanfaatkan akal pikiran yang diberikan Allah untuk hal-hal yang positif.

c. Orang yang sukses memiliki sifat-sifat pribadi yang menimbulkan penghargaan tinggi dari rekan maupun pihak bawahan. Misalnya, ketegasan (sifat percaya diri), kemanusiaan (sifat humanitis), kerakyatan (sifat demokratis), dan keadilan (sifat objektif).

d. Orang yang sukses senantiasa berusaha untuk maju, baik dalam bidang ibadat (hubungan dengan Allah) maupun dalam bidang muamalat (hubungan dengan sesama manusia).

e. Orang yang sukses ialah mereka yang memiliki ketrampilan kerja, kemahiran memutuskan, dan pengetahuan efesiensi baik yang diperoleh dari pendidikan formal, pengalaman hidup, maupun dari hasil pengembangan diri. Itulah beberapa ciri orang yang sukses berdasarkan A lqur-an dan Alsunnah

WhatsApp chat